Minggu

TATA KOORDINAT BUMI

PANDUAN TEKNIS PENYELENGGARAAN PROGRAM
STANDAR KOMPETENSI                          
Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan.

KOMPETENSI DASAR                   
Mengidentifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam abiotik.

INDIKATOR 
1. Bumi sebagai planet dijelaskan  dan   digambarkan kedudukan bumi dalam system tata surya. 
2. Tata koordinat bumi dijelaskan  dan digunakan untuk menentukan koordinat suatu tempat di permukaan bumi. 
3. Gejala-gejala alam abiotik yang berhubungan dengan bumi sebagai planet di lingkungan sekitar diidentifikasi secara cermat dan masalah  yang ditemukan dirumuskan dengan jelas.

TUJUAN PEMBELAJARAN
1.         Dapat menjelaskan tentang bumi sebagai planet.
2.         Mengetahui pengertian koordinat bumi.
3.         Dapat membedakan pengertian lintang dan bujur.
4.         Dapat menentukan koordinat suatu kota  dalam peta / atlas.
5.         Dpat menidentifikasi gejala-gejala alam abiotik yang berhubungan bumi sebagai planet.

MATERI  PEMBELAJARAN
              1.        Bumi Sebagai Planet
              2.        Tata Koordinat Bumi

TATA KOORDINAT BUMI


A.      Bumi  sebagai Planet
Bumi adalah salah satu planet tempat hidup manusia dan mahluk lain. Bentuk bumi agak pepat dikedua kutubnya sehingga bentuk bumi yang seperti itu disebabkan oleh akibat adanya rotasi.  Jarak dari bumi kematahari adalah 147.097.000 kilometer. Para ilmuan sepakat untuk menyebut jarak tersebut sebagai jarak 1AU dan dibulatkan menjadi 150 juta kolimeter. Jari-jari khatulistiwa 6.378 kilometer dan jari-jari kutub  adalah 6.357 kilometer.  Ini menunjukkan bahwa  daerah di katulistiwa agak menjauh dari pusat bumi daripada dikedua kutub.
Massa bumi  adalah 5,98x1024 kilogram dengan volum 1,08x1021 m3. Sehingga dari data yang ada diatas dapat diperoleh bahwa massa jenis dari bumi adalah 5.55kg/m3.
Umumnya benda-benda diluar angkasa mempunyai gaya tarik yang biasa disebut sebagai gaya gravitasi. Karena massa bumi itu sangat besar maka gayan gravitasi bumi pun juga sangat besar. Salah satu contoh dari gaya gravitasi bumi yang sangat besar adalah tertariknya meteor sehinga jatuh kebumi adalah bukti dari gaya gravitasi bumi. Banyak meteor yang jatuh kebumi tetap sebelum mencapai permukaan bumi meteor telah hancur karena bumi memiliki atmosfer yang sangat kuat untuk melindungi bumi dari berbagai benda-benda angkasa yang tertarik oleh gravitasi.

B.     Tata Koordinat Bumi
Telah kita ketahui bersama kalau planet bumi yang kita  huni ini berbentuk bola yang berdiameter 13.000 Km.  Bila kita berada di daerah yang lapang misalnya di pingir pantai kemudian kita memandang langit yang membentang, akan terlihat seakan-akan langit menempel pada permukaan  tanah membentuk garis lingkaran. Kita  seakan berada di dalam kubah besar  setengah lingkaran, yang ujungnya menempel pada tanah seperti halnya berada di dalam tempurung yang besar. Itulah buktinya kalau bumi yang kita huni berbentuk bola yang bulat.







Gambar    02 :    
Peta Bumi yang menunjukkan garis-garis lintang  (horizontal) dan bujur  (vertikal)

Bentuk bumi yang dalam ukuran yang kecil disebut dengan globe. Permukaan bumi di globe dibagi 18 lintang dan 36  bujur. Sedangkan garis keliling dikhatulistiwa ditetapkan . Belahan bumi bagian utara dibagi 9 LU dan selatan dibagi 9 LS.
Sistem koordinat geografi digunakan untuk menunjukkan suatu titik di Bumi berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Garis lintang yaitu garis vertikal yang mengukur sudut antara suatu titik dengan garis katulistiwa. Titik di utara garis katulistiwa dinamakan Lintang Utara  sedangkan titik di selatan katulistiwa dinamakan Lintang Selatan.
Garis bujur  yaitu horizontal yang mengukur sudut antara suatu titik dengan titik nol di Bumi yaitu Greenwich  di London  Britania  Raya yang merupakan titik bujur 0° atau 360° yang diterima secara internasional. Titik di barat bujur 0° dinamakan Bujur Barat  sedangkan titik di timur 0° dinamakan Bujur Timur.


Gambar  03
Greenwich sebagai titik bujur 00

Suatu titik di Bumi dapat dideskripsikan dengan menggabungkan kedua pengukuran tersebut. Contohnya






LATIHAN SOAL


Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat !
1.    Apa bedanya ordinat dengan koordinat ?
2.    Apa bedanya garis lintang dengan garis bujur ?
3.    Apa tujuan dari sistem koordinat geografi ?
4.    Dimana letak titik  0 bujur dan titik  00   lintang ?
Apa yang menyebabkan bentuk bumi agak pepat ?

Tidak ada komentar: